Bersuara Lewat Konten, Kemkomdigi Minta Publik Terlibat Ciptakan Ruang Digital yang Sehat
JAKARTA - Dalam rangka memperluas penyebaran narasi-narasi positif di ruang digital, Kementerian Komunikasi dan Digital (Kemkomdigi) menyelenggarakan Workshop Komunitas SOHIB x IGID bertajuk “Bersuara Lewat Konten, Bergerak Lewat Karya” di STMM MMTC Yogyakarta. Kegiatan ini menghadirkan sekitar 85 peserta dari berbagai latar belakang seperti Aparatur Sipil Negara (ASN), mahasiswa, komunitas, dan masyarakat umum. Workshop terbagi dalam dua kelas produksi konten video dan grafis.
Direktur Informasi Publik Direktorat Jenderal Komunikasi Publik, Kemkomdigi, Nursodik Gunarjo menegaskan bahwa workshop menjadi bagian dari strategi nasional dalam upaya membangun ruang publik yang sehat, produktif, dan mencerdaskan.
“Salah satu tugas strategis kami adalah memastikan ruang komunikasi publik tidak dipenuhi oleh kebisingan, hoaks, dan ujaran kebencian. Lewat workshop ini, kami mengajak masyarakat untuk bukan hanya menjadi penonton, tetapi turut menjadi aktor penting dalam membangun narasi bangsa,” ujar Direktur Informasi Publik, Rabu (25/6/2025) di Yogyakarta.
Workshop ini tidak hanya difokuskan pada keterampilan teknis, tetapi juga pada penguatan semangat partisipasi warga dalam membentuk ekosistem komunikasi publik yang sehat dan edukatif. Produksi konten yang positif baik melalui berita, video, infografis, maupun foto dipandang sebagai kunci penting dalam menangkal disinformasi dan meningkatkan literasi publik.
“Setiap warga negara bisa menyumbangkan energi positif untuk membentuk narasi Indonesia yang optimis dan membangun. Konten yang cerdas, jujur, dan menginspirasi akan selalu menemukan tempat di hati masyarakat,” ujar Nursodik.
Rumah Besar Komunikasi Publik Nasional
Pada kesempatan tersebut portal Indonesia.go.id kembali diperkenalkan sebagai rumah besar komunikasi publik nasional. Portal ini menyediakan beragam konten strategis dan diharapkan menjadi kanal terpercaya bagi masyarakat untuk memperoleh informasi yang akurat, relevan, dan membangun.
“Indonesia.go.id bukan hanya milik pemerintah, tetapi juga terbuka untuk kontribusi masyarakat. Ini adalah ruang kolaborasi komunikasi publik yang terus kami kembangkan demi Indonesia yang lebih terhubung dan tercerahkan,” jelas Nursodik yang dikalangan penulis juga dikenal sebagai Mas Gondes.
Sementara Ketua Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta, Agung Harimurti mengapresiasi workshop SOHIB IGID seri Yogyakarta yang diakuinya menjadi kawah pembelajaran sekaligus ruang membangun partisipasi publik terlibat dalam Pembangunan.
“Salah satunya membangun ruang-ruang komunikasi dengan informasi-informasi yang positif. Semoga kegiatan-kegiatan seperti ini bisa dilaksanakan rutin dan dilakukan di berbagai daerah di Indonesia,” ujarnya
Komunitas SOHIB x IGID: Membangun dari Akar Rumput
Komunitas SOHIB (Sobat Informasi Baik) dan IGID (Indonesia.go.id) telah menjadi mitra aktif dalam diseminasi informasi publik. Per Mei 2025, komunitas ini telah berkembang secara signifikan. Sebaran komunitas pun mencakup 24 provinsi di Indonesia, dengan lima wilayah teratas seperti Jawa Barat dengan 2.582 anggota, Jawa Timur 2.502 anggota, Jawa Tengah 1.625 anggota, Jakarta 873 anggota, Sumatera Utara 589 anggota.
Melalui workshop ini, Kemkomdigi pun mengajak lebih banyak masyarakat dari berbagai kalangan untuk ikut serta menjadi bagian dari komunitas SOHIB x IGID dan bersama-sama memperkuat jurnalisme warga berbasis informasi yang baik dan benar.
Antusiasme peserta juga mencerminkan kebutuhan yang besar terhadap pelatihan semacam ini, terutama dalam menghadirkan konten kreatif yang relevan dengan isu-isu kebijakan publik.
“Workshop ini membuka banyak pengetahuan baru, terutama dalam melihat sudut pandang berbeda saat membuat konten terkait program pemerintah. Harapannya, kegiatan seperti ini bisa lebih sering digelar,” ujar Muflichun, mahasiswa Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta.
Sementara itu, peserta dari lembaga negara pun turut memberikan masukan agar workshop berikutnya semakin kontekstual dan aplikatif di lapangan.
Hani dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menyampaikan, “Saya berharap ke depan ada sesi khusus tentang mobile journalism. Di tengah situasi yang dinamis, kemampuan membuat konten cepat namun tetap menarik sangat dibutuhkan.”
Mendorong Gerakan Komunikasi Publik Kolaboratif
Dengan semangat gotong royong digital, workshop ini menjadi wujud nyata bagaimana pemerintah dapat membuka ruang kolaborasi seluas-luasnya bagi masyarakat dalam menciptakan narasi-narasi yang membangun.
“Semakin banyak komunitas yang terlibat, semakin sehat dan produktif ruang publik digital kita. Inilah fondasi komunikasi publik yang inklusif dan berdaya,” pungkas Direktur Informasi Publik.
Tentang Komunitas SOHIB x IGID
SOHIB (Sobat Informasi Baik) dan IGID (Indonesia.go.id) adalah komunitas dan jejaring komunikasi yang berada di bawah naungan Kementerian Komunikasi dan Digital. Komunitas ini aktif memproduksi dan menyebarluaskan konten informasi strategis, edukatif, dan inspiratif demi memperkuat kepercayaan publik terhadap program pemerintah dan mendorong partisipasi warga dalam demokrasi informasi.
Untuk bergabung dalam komunitas atau mengakses konten positif, kunjungi Indonesia.go.id dan ikuti media sosial @indonesiagoid. (Taofiq Rauf)