Satu kelurahan satu bank sampah, program baru bangkitkan Gematasamara

 



 

NEWSDAILY.ID TAKALAR - Sebagai kelanjutan dari Gerakan Masyarakat Tangkasa na Gammara (Gematasamara) pemerintah menggalakkan program satu kelurahan satu bank sampah. 


Program ini dimulai dari kecamatan Pattalassang sebagai kecamatan ibukota kabupaten. 


Sosialisasi ini dimulai dari tingkat kelurahan dengan melibatkan imam kelurahan, kepala Lingkungan bersama tomas di awali dengan kegiatan sosialisasi disertai dengan pembagian alat cuci tangan untuk 5 masjid di kelurahan  Pattalassang, Sabtu (7/11/2020). 


"Alhamdulillah bersama Bapak Bupati, lurah, imam kepala lingkungan kita melakukan sosialisasi penanggulangan sampah sekaligus menggalakkan program satu keluragan satu bank sampah ini," jelas Camat Pattalassang...  


Lebih jauh Camat Pattalassang menjelaskan bahwa program satu kelurahan satu bank sampah ini dilaksanakan dengan cara sampah yang masih layak untuk didaur ulang dikumpulkan pada satu pengepul. 


Kemudian Bank Sampah yang sekertariatnya di Pasar Pattalassang tersebut akan membeli sampah dari pengepul dan dijual kembali ke Makassar. 


Selain mengurangi sampah, program ini juga diyakini mampu menciptkan lingkungan yang bersih dan masyarakat yang peduli karena sampah yang dikumpulkan bernilai ekonomi. 

 

"Saya mengajak seluruh masyarakat untuk ikut berperan aktif sebagai nasabah bank sampah ini. Dan seluruh lurah di kecamatan Pattalassang saya instruksikan untuk bekerjasama dengan ketua bank sampah dalam hal penanganan sampah," Ujarnya.

Subscribe to receive free email updates: