Marbo Belum ODF, Bupati kumpulkan Camat dan Kades

 



NEWSDAILY.ID TAKALAR - Bupati Takalar H. Syamsari, S.Pt. MM pimpin secara langsung Rapat Koordinasi dengan aparat Pemerintahan Kec. Marbo terkait pencapaian ODF di Kec. Marbo, Kamis 1 Oktober 2020.


Rapat yang berlangsung di Ruang Rapat Setda Kantor Bupati Takalar di hadiri Asisten I Setda Kab. Takalar, Kadis Kesehatan, Camat Mangarabombang, Para Kepala desa/lurah, Ketua BPD dan Ketua LPM se-Kec. Marbo.


Bupati Takalar dalam rapat tersebut mengatakan bahwa hari ini kita melakukan pertemuan internal untuk membahas beberapa hal terkait pencapai Open Defecation Free (ODF) di Kab. Takalar, peningkatan IPM, pertumbuhan ekonomi termasuk rencana pembangunan kawasan briket nusantara (KBN).


Ditambahkan Dari 10 Kecamatan se-Kab. Takalar, tersisa 2 Kecamatan yang belum ODF salah satunya Kec. Marbo, untuk itu hari ini kita melakukan rapat khusus berkolaborasi dengan Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah desa se-Kec. Marbo untuk menyelesaikan masalah tersebut.


Beliau juga mengatakan dalam rangka menuju desa yang sehat (ada jamban) beliau meminta agar ada koordinasi yang serius dan terus menerus antara komponen desa dengan puskesmas dalam pendataan dimasyarakat yang belum memiliki jamban. Bupati terus mengupayakan agar di bulan Desember 100 % Kab. Takalar sudah mencapai ODF karena itu sangat berpengaruh dengan IPM" Jelas Bupati Takalar


"Masyarakat yang belum memiliki jamban dapat memanfaatkan jamban kelompok yang pernah di bangun oleh PNPM yang dapat dimanfaatkan beberapa keluarga, satu bulan kedepan kita akan mengevaluasi apakah jamban kelompok itu berfungsi. Jika tidak berfungsi pemerintah setempat bersama TNI/Polri akan segera membangun jamban bersama yang bisa menutupi kekurangan jamban sehingga 100 % Kec. Marbo dapat mencaai ODF" tutup Bupati Takalar


Sementara itu, Syahrir yang baru beberapa hari di lantik sebagai Camat Mangarabombang menyampaikan bahwa untuk Kec. Marbo ada sekitar 300 lebih KK yang sudah memiliki jamban dan sebanyak 172 KK yang belum ODF dan dengan kerjasama pemerintah desa kita berupaya agar seluruh warga di Kec. Marbo 100% ODF.

Subscribe to receive free email updates: