Hosting Unlimited Indonesia

Resep Hadapi Covid-19 Ala Wapres


NEWSDAILY.ID JAKARTA – Bukan hanya Indonesia, Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) telah melanda negara-negara di dunia. Untuk mengatasinya, diperlukan kerja sama semua elemen bangsa termasuk para ulama dan tokoh masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Presiden (Wapres) KH. Ma’ruf Amin melalui akun Instagram pribadinya @kyai_marufamin, Jum’at (3/7/2020).

“Covid-19 menjadi musuh bersama. Bukan hanya Indonesia, tapi juga dunia. Semua harus bahu membahu agar pandemi ini bisa segera diatasi,” tulisnya.

Dalam akun Instagram pribadinya itu, Wapres menuliskan bahwa pemerintah terus melakukan akselerasi berbagai upaya untuk mengatasi wabah virus Covid-19 ini. Untuk menyukseskan upaya tersebut, dukungan masyarakat sekecil apapun sangat diperlukan.

“Langkah kecil dimulai dari membangun kesadaran dan disiplin secara individu untuk menangkalnya. Kuncinya kita bersama harus saling mengingatkan untuk kebaikan dan kesabaran, watawa shoubil haqqi watawa shoubil shobr“, imbuh Wapres.
Lebih lanjut Wapres memaparkan, bahwa empat kunci sederhana tersebut pertama diawali dengan Iman, yakni keyakinan akan keberadaan Tuhan Yang Maha Kuasa dan segala sesuatu terjadi atas izin-Nya. Hal tersebut harus tertanam kuat dalam sanubari seluruh bangsa Indonesia.
“Iman, percaya dan yakin bahwa wabah ini terjadi karena kehendak Allah. Semua harus ikhlas dan sabar menerima ujian ini. Jangan panik dan putus asa. Allah tidak akan menguji makhluknya di luar batas kemampuannya, laa yukallifullahu nafsan illa wus’aha,” ungkap Wapres.

Kedua Imun, yakni setiap orang wajib hukumnya menjaga kebugaran tubuh agar imunitas tubuhnya baik, sehingga tidak mudah dihinggapi penyakit.
“Imun, diwujudkan dengan rajin berolahraga, berjemur, dan minum vitamin agar imunitas tubuh terjaga,” lanjutnya.

Kunci ketiga, menurut Wapres, adalah Aman, yakni setiap orang harus mengamankan dirinya masing-masing dari kemungkinan terpapar Covid-19. Caranya adalah dengan mengikuti anjuran pemerintah yaitu mematuhi protokol kesehatan yang telah tetapkan oleh ahli kesehatan.
“Aman, diimplementasikan dengan mengikuti anjuran pemerintah terkait protokoler kesehatan agar menjaga jarak, tidak berkerumun, hingga menjaga kebersihan (cuci tangan, pakai masker). Imunisasi diri perlu dibentengi juga dengan amanisasi diri,” jelas Wapres.

Terakhir, kunci menangkal Covid-19 adalah Amin, yakni berdo’a kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, dengan keyakinan penuh agar kita semua dihindarkan dan diselamatkan dari wabah ini, tentunya setelah usaha dan ikhtiar maksimal dijalankan.
“Amin, setelah usaha, dan ikhtiar, tawakkal (berdoa) kepada Allah harus terus dipanjatkan agar Covid-19 segera teratasi dan kita semua bisa beraktivitas kembali dalam tatanan normal baru,” pungkas Wapres.

Subscribe to receive free email updates: