Ops Keselamatan Cegah Covid-19, Kakorlantas Cek Suhu Tubuh Pengendara Dengan Drone


NEWSDAILY.ID JAKARTA – Kakorlantas Polri Irjen Istiono memimpin sosialisasi Operasi Keselamatan dan Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19. Operasi ini dimulai hari ini, 6 April sampai 19 April 2020.

Operasi keselamatan ini menyasar masyarakat pengguna jalan tentang pelaksanaan Operasi Keselamatan yang juga sebagai upaya cipta kondisi pada pelaksanaan Operasi Ketupat nanti. Adapun ops ini menggunakan drone untuk mendeteksi suhu tubuh pengguna jalan.

“Pelaksanaan Operasi Keselamatan 2020, lebih mengedepankan upaya preventif dan preemtif. Ditengah pandemi Virus Covid-19 saat ini, operasi kita gelar dengan mengutamakan keselamatan dari bahaya virus covid-19, seperti yang kita lakukan saat ini dengan menggunakan drone,” ucap Kakorlantas Polri Irjen Istiono, Senin (6/4/2020).

Adapun ops ini dilakukan di hari pertama di kawasan Senayan, Jakarta Selatan. Sasaran utamanya adalah pengemudi ojek online (Ojol). Sebab, merekalah ada pengguna jalan yang tetap harus keluar rumah untuk mencari nafkah disaat pemerintah menghimbau untuk tetap dirumah mencegah penularan Covid-19.

Kakorlantas Polri, Irjen Pol Drs. Istiono, M.H., yang memimpin jalannya Operasi Keselamatan 2020 mengatakan, drone ini juga dapat diifungsikan untuk memberikan edukasi Physical Distancing melalui pengeras suara yang dihubungkan dengan audio untuk memberikan informasi kepada masyarakat terkait pencegahan Covid-19.

Kakorlantas melanjutkan, bahwa penggunaan operasional drone juga nantinya akan diterapkan dibeberapa wilayah dan tempat-tempat kerumunan, untuk mengecek langsung suhu tubuh disana.

“Alat ini sangat membantu kita, ini akan terus kita gunakan selama musim KLB, nantinya bila ada suhu tubuh di atas 38 derajat akan kami rekomendasikan untuk diambil langkah cepat penanganan dan pencegahan penyebaran virus covid-19,” jelasnya.
.
Selain melakukan pengecekan suhu tubuh, operasi yang juga dihadiri oleh Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo, Kabagops Korlantas Polri, Kombes Pol Benyamin, dan Direktur Kelembagaan Bank BRI, Agus Nursanto, juga memberikan bantuan sembako kepada para pengemudi ojol usai diperiksa kesehatannya.

Subscribe to receive free email updates: