Hosting Unlimited Indonesia

"DITPOLAIR KORPOLAIRUD, GELAR APEL KEBERANGKATAN 5 KAPAL TUGAS BKO POLDA, DALAM RANGKA MENGAMANKAN PERAIRAN TERITORIAL."


NEWSDAILY.ID JAKARTA - Dalam rangka melaksanakan tugas pokok dan fungsinya mewujudkan Harkamtibmas Perairan, Penegakan Hukum serta Perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat, Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri menggelar kapal - kapal patrolinya bertugas BKO Polda - Polda Kewilayahan. Kamis (09/04/20)

Apel keberangkatan kapal di lingkungan Ditpolair Korpolairud merupakan hal yang rutin dan biasa dilakukan saat kapal akan berangkat bertugas maupun saat kedatangan kapal kembali ke pangkalan Mako Tanjung Priok, Jakarta selesai melaksanakan penugasan di kewilayahan.

" Kali ini kami Kembali memberangkatkan 5 kapal patroli kita bertugas BKO Polda, antara lain KP. Antareja-7007, KP. balam-4017, KP. gagak-3011, KP. Anismadu-3009 dan KP. SBU-017," ujar Kasubdit Patroliair Kombes Pol Yassin Kosasih, S.IK., M.SI.

Dalam arahannya Kasubdit Patroliair menjelaskan bahwa selain melaksanakan tugas dalam rangka mengantisipasi dan penanggulangan gangguan Kamtibmas di wilayah perairan yang menjadi wilayah penugasan, Kapal Polisi juga bertugas dalam Perbantuan Fasilitas (Banfas) perairan, tugas Pertolongan dan Penyelamatan (SAR) perairan. Kapal Polisi juga melaksanakan kegiatan lain sesuai dengan kebutuhan Polda setempat. 

Selesai memimpin apel pemberangkatan Kasubdit Patroliair kemudian melakukan pengecekan kesiapan kapal dan memeriksa kesiapan armadanya.
"Selalu saya tekankan pentingnya kesiapan kapal yang akan melakukan pelayaran baik berangkat tugas maupun patroli rutin. Kondisi Peralatan Utama (Alut) yaitu Kapal, kesiapan Personel selaku crew atau awak kapal dan dukungan logistik baik pribadi personel maupun logistik kapal itu yang paling utama dan harus benar - benar dipastikan dalam kondisi siap dan terpenuhi," jelasnya.

"Tugas Polisi Perairan itu sangat spesifik jika dibandingkan dengan tugas Polisi pada umumnya, saat ini perairan menjadi sangat penting karena menjadi bagian dari visi Presiden untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia", lanjutnya.

Kasubdi Patroliair berpesan kepada para personel yang akan berangkat tugas bahwa senantiasa selalu berdoa untuk keselamatan dan di kapal adalah Tim, Komandan Kapal harus mampu menyatu dengan anggotanya, jangan menjadi pejabat yang bekerja hanya sebatas standart, sehingga hasilnya kurang optimal.

Subscribe to receive free email updates: