Hosting Unlimited Indonesia

Tahun 2019 kabupaten Takalar dapat bantuan 542 unit rumah layak huni


NEWSDAILY.ID Takalar -- Sosialisasi kabupaten/kota program bantuan stimulan perumahan swadaya Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2019 oleh Direktorat Jenderal Penyediaan perumahan, Kementrian PUPR, berlangsung di Ruang Pola Kantor Bupati, Selasa (16/7/2019) pagi. 

Sosialisasi yang dihadiri oleh Sekretaris Daerah Drs. H. Arsyad, MM bersama Kepala Satuan Kerja SNVT Penyediaan Perumahan Prov SulSel, Plt Kepala Dinas PUPR Takalar, serta pimpinan Bank Mandiri. 

Program bantuan perumahan swadaya merupakan bantuan rumah layak huni yang diperuntukkan bagi keluarga kurang mampu oleh Pemerintah pusat melalui APBN untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Untuk tahun 2019, total jumlah bantuan rumah layak huni yang dikucurkan oleh pemerintah sekitar 206 ribu unit rumah yang akan diberikan diseluruh provinsi di Indonesia. 

Khusus untuk kabupaten Takalar, mendapat bantuan rumah layak huni sebanyak 542 unit per kepala keluarga. Jumlah ini terbilang cukup besar hampir mencapai 1% dari 206 ribu unit bantuan rumah swadaya oleh Kementrian PUPR. 

"Kalau kita kalkulasi dari 206 ribu unit dibagi 542 unit jumlahnya sangat besar, hampir 1% dari jumlah bantuan yang diberikan pada beberapa kabupaten diseluruh Indonesia. Ini semua tidak lepas dari upaya-upaya Satgas dan bantuan Satker yang kepada kami. Atas nama Pemerintah Daerah kami berterima kasih. Semoga ditahun-tahun berikutnya bisa bertambah," Kata Sekretaris Daerah Takalar H. Arsyad. 

Program bantuan rumah swadaya ini nantinya bukan dalam bentuk uang tunai, tetapi dalam bentuk material bangunan yang akan disalurkan kepada masyarakat penerima bantuan. 

"Sehingga dibutuhkan sinergi antara kepala desa dan pengawas untuk mengawasi jalannya bantuan ini agar sesuai dengan yang diharapkan," tambah Sekda Takalar.  

H. Arsyad menjelaskan bahwa saat ini kabupaten Takalar yang sebelumnya berjumlah 9 kecamatan kini bertambah menjadi 10 kecamatan. 

"Tentu kami berharap bahwa program ini menyentuh semua kecamatan di Takalar. Kami berharap ada upaya dari pertambahan program ini karena ini berimplikasi pada penilaian IPM," tutupnya. 

Sosialisasi juga ditandai dengan penyerahan buku tabungan Bank Mandiri oleh pimpinan bank Mandiri kepada Sekda Takalar, dan dari Sekda Takalar diberikan kepada warga penerima manfaat.

Subscribe to receive free email updates: