Kemnaker Siapkan Pelatihan Perhotelan dan Kapal Pesiar di BLK Lombok Timur


NEWSDAILY.ID Jakarta -- Kementerian Ketenagakerjaan melalui Ditjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas  menjalin kerja sama dengan PT Quantum Job untuk meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia di bidang perhotelan dan kapal pesiar melalui pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK) Lombok Timur (Lotim), Nusa Tenggara Barat.

Penandatanganan kerja sama tersebut dilakukan oleh Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Kemnaker)  Bambang Satrio Lelono dengan Direktur PT Quantum Job, Andre Hemawan di, Jakarta, Jumát  (5/7/2019).

“Kesepakatan bersama ini diharapkan mampu mengatasi permasalahanmismatch (ketidaksesuaian) antara keterampilan pekerja dengan kebutuhan industri, terutama di perhotelan dan kapal pesiar, “ kata Dirjen Bambang.

Dirjen Bambang menambahkan selain meningkatan kompetensi SDM, peserta pelatihan bidang perhotelan dan kapal pesiar juga akan memperoleh sertifikasi oleh lembaga independen. Setelah lulus, peserta akan mendapat sertifikasi pelatihan, sertifikat magang dari tempat kerja dan sertifikat profesi yang berlaku di seluruh negara-negara ASEAN.

“Melalui kerja sama ini, peserta pelatihan akan ditempatkan di perusahaan-perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja terampil sesuai standar yang diminta pasar kerja baik domestik maupun internasional, “ kata Bambang.

"Industri pariwisata yang tengah berkembang tentunya  membutuhkan tenaga kerja di bidang perhotelan dan kapal pesiar. Kita berharap penyerapan tenaga kerja terampil akan bermuara juga pada peningkatan kesejahteraan masyarakat secara umum, " kata Bambang.

Sesuai kesepakatan, Pemerintah lanjut Bambang, akan menyediakan sarana, prasarana dan peralatan di BLK Lotim untuk menggelar pelatihan dan melakukan monitoring dan evaluasi atas penyelenggaraan PBK bidang perhotelan dakapal pesiar serta memfasilitasi pelaksanaan uji kompetensi dan sertifikasi bagi peserta pelatihan di BLK Lotim.

"PT Quantum, menyediakan program dan modal pelatihan sesuai kebutuhan pasar kerja dan atau pengguna kerja dan instruktur pelatihan perhotelan dan kapal pesiar sekaligus melakukan penempatan kerja bagi lulusan pelatihan perhotelan dan kapal pesiar,  " ujar Bambang.

Subscribe to receive free email updates: