Cluster Belopa, Suli dan Suli Barat Gelar Inovasi Desa


NEWSDAILY..ID Luwu -- Bergabung dalam satu Cluster, tiga desa, yaitu Belopa, Suli dan Suli Barat menggelar Bursa Inovasi Desa (BID), senin (1/7/2019) di ruang pola Andi Kambo, kompleks perkantoran Bupati Luwu.

Bursa Inovasi Desa merupakan salah satu ajang promosi yang meliputi berbagai inovasi dibidang Infrastruktur, Kewirausahaan dan Sumber Daya manusia serta perangkat pendukung dari ketiga bidang tersebut. 

Dalam Laporannya, M Taufik selaku ketua panitia pelaksana mengatakan, Kegiatan Bursa Inovasi desa kali ini merupakan kegiatan rutin yang dimulai sejak tahun 2017. Namun, dalam perkembangannya beberapa desa, walau tidak semuanya, menganggap BID hanya sebatas pelaksanaan ceremonial tanpa ada tindak lanjut serta komitmen desa yang berujung pada penganggaran dalam APBDesa.

“Pelaksanaan Bursa Inovasi Desa ini dibagi atas beberapa cluster, dimana pada hari ini Cluster Belopa, suli dan Suli Barat yang menampilkan berbagai inovasi desanya. Pendanaan kegiatan berasal dari Dana Program Inovasi Desa yang dikelola oleh Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) dimana pesertanya tiga orang perwakilan dari tiap desa yang terdiri dari Kepala Desa, Ketua BPD dan perwakilan perempuan”, kata M Taufik.

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Husain dalam sambutannya mengatakan bahwa Bursa Inovasi desa merupakan tahapan dari program Inovasi desa.

“Bursa inovasi Desa merupakan wahana penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi yang berkembang di desa-desa sekaligus sebagai ajang pertukaran pengetahuan dan ide-ide kreatif dari desa. Tahun 2019 ini, pelaksanaan BID dilakukan ditingkat kecamatan yang terbagi dalam beberapa cluster. Diharapkan, Bursa Inovasi desa ini dapat meningkatkan daya saing dan kesejahteraan masyarakat Desa”, kata Husain.

Subscribe to receive free email updates: