Hosting Unlimited Indonesia

TNI/POLRI Bagian dari Masyarakat, Kompak Hadiri Mangrara Banua (Syukuran Tongkonan Disangalla)


NEWSDAILY.ID Tana Toraja - Masyarakat adat Kabupaten Tana Toraja mengadakan acara Syukuran Tongkonan bertempat di Tumanete Kelurahan Buntu Masakke Kecamatan Sangalla Kabupaten Tana Toraja , Sabtu (08/06/2019)

Syukuran Tongkonan merupakan salah satu bagian dari adat Toraja yang sampai saat ini masih lestari, dan acara adat tersebut kembali dilaksanakan di Sangalla.

Polres Tana Toraja yang di wakili oleh Polsek Sangalla menggandeng Kodim 1414 Tana Toraja. Kapolsek Sangalla AKP Marthen Tangallo bersama  Danramil Pelda Yoseph hadir ditengah tengah masyarakat, turut serta merasakan kegembiraan masyarakat dalam prosesi syukuran Tongkonan yang disebut MANGRARA.

Upacara syukuran Tongkonan ini juga menjadi salah satu upacara dari masyarakat toraja.
Meskipun berbeda dengan upacara kematian, namun layaknya sama dengan upacara kematian. Allang disambungkan jadi satu menjadi tempat bagi keluarga dan tamu keluarga, menghadap ke tongkonan yang akan diresmikan. 


Sebuah silsilah keluarga terpasang di tongkonan. Dalam silsilah tersebut, terdapat silsilah mulai dari simbah buyut sampai keturunan terbawah. 

" TNI POLRI adalah bagian dari masyarakat, mengabdi untuk masyarakat dan bersama sama dengan masyarakat  membangun harmonisasi di tengah tengah masyarakat ". Kata Merthen Tangallo yang didampingi oleh Bhabinkamtibmas Briptu Suhendar.

Subscribe to receive free email updates: