Syahlan Jabat Ketua PN Jakbar, Daming Sunusi: Laksanakan Tugas dengan Sebaik-baiknya


NEWSDAILY.ID Jakarta - Ketua Pengadilan Tinggi DKI Jakarta mengingatkan Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Barat untuk melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya, mengerahkan segala kemampuan intelektual dan kecerdasan yang dimiliki dengan dilandasi oleh integritas yang tinggi dalam melayani para pencari keadilan. Hal tersebut disampaikan Ketua Pengadilan Tinggi DKI Jakarta, Dr. H. Muhammad Daming Sunusi, SH., M.Hum ketika mengambil sumpah jabatan Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Barat yang baru, Dr. Syahlan, SH, MH, di Lantai 6 Gedung Pengadilan Tinggi DKI Jakarta, Jl. Letnan Jenderal Suprapto, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Jumat, 14 Juni 2019.

“Atas nama Pengadilan Tinggi DKI Jakarta, saya menyampaikan selamat atas promosi Saudara sebagai Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Barat. Semoga Saudara memegang teguh amanah dan kepercayaan yang diberikan oleh Pimpinan Mahkamah Agung Republik Indonesia. Oleh karena itu laksanakanlah tugas ini dengan sebaik-baiknya, dengan mengerahkan segala kemampuan intelektual dan kecerdasan yang Saudara miliki dengan dilandasi oleh integritas yang tinggi dalam melayani para pencari keadilan,” tegas Daming Sunusi dalam bagian awal sambutan dan arahannya pada acara tersebut.

Merespon pesan Ketua Pengadilan Tinggi DKI Jakarta itu, Syahlan menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepadanya, dan bertekad untuk melaksanakan amanah tersebut dengan sebaik-baiknya. “Kita berkomitmen untuk meningkatkan kinerja dan capaian-capaian pejabat Pengadilan Negeri Jakarta Barat sebelumnya, dan melanjutkan apa yang sudah digariskan oleh Pimpinan,” ujar Syahlan yang pernah menjadi hakim di Pengadilan Negeri Jakarta Barat dan Ketua Pengadilan Negeri Depok beberapa tahun lalu ini.

Untuk dapat melaksanakan tugas dengan maksimal, Syahlan juga mengakui bahwa perlu dukungan dan kerjasama semua pihak, baik di ineternal Pengadilan Negeri Jakarta Barat maupun dari para pemangku jabatan empat pilar pemerintahan di Kota Jakarta Barat. “Saya sangat mengharapkan dukungan dan kerjasama dari semua pihak, rekan-rekan di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, juga para pengemban jabatan empat pilar pemerintahan di Jakarta Barat,” imbuh Syahlan penuh harap.

Sesuai Keputusan Mahkamah Agung Nomor: 1155/DCU/SK/KP.04.5/4-2019, tanggal 2 April 2019, tentang Promosi dan Mutasi Ketua Pengadilan Negeri di lingkungan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta, maka Pengadilan Tinggi DKI Jakarta melaksanakan acara pengambilan sumpah, pelantikan dan serah-terima jabatan dari pejabat lama kepada pejabat baru. Sebagaimana diketahui bahwa selama ini Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Barat dijabat oleh Sugiyanto, SH, yang sejak dilaksanakannya prosesi serah-terima jabatan, ia digantikan oleh Dr. Syahlan, SH, MH. Selanjutnya, Sugiyanto dalam waktu akan menempati posisi barunya di Pengadilan Tinggi Tanjungkarang, Provinsi Lampung.

Sementara itu, Syahlan sebelumnya menjabat sebagai Ketua Pengadilan Negeri Batam, yang selanjutnya sejak diambil sumpahnya, Jumat, 14 Juni 2019, menjabat sebagai Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Barat Kelas 1A Khusus. Pria yang memiliki dua anak ini sesungguhnya bukan orang baru di Pengadilan Negeri Jakarta Barat karena ia pernah bertugas sebagai hakim di tempat ini.

Acara pengambilan sumpah, pelantikan dan serah-terima jabatan Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Barat yang dimulai pada pukul 09.30 WIB itu berlangsung lancar dan penuh hikmat. Hadir pada acara ini, Walikota Batam, Walikota Jakarta Barat, bersama jajaran forkompinda masing-masing, serta sekitar dua-ratusan undangan yang terdiri atas para pengacara, hakim dan keluarga kedua pejabat yang berserah-terima jabatannya. Selain itu, pada sesi pemberian ucapan selamat di akhir acara, hadir juga belasan hakim agung yang kebetulan sedang melakukan pertemuan di ruangan lain di gedung Pengadilan Tinggi DKI Jakarta tersebut. 

Subscribe to receive free email updates: