Presiden Jokowi Hadiri Pembukaan KTT ke-34 ASEAN


NEWSDAILY.ID Bangkok -- Presiden Jokowi bersama para pemimpin ASEAN lainnya bergandengan tangan menyatukan tekad dalam Upacara Pembukaan KTT ke-34 ASEAN, di Bangkok, Thailand, Minggu (23/6/219) pagi. 

Pada hari kedua kunjungannya ke Bangkok, Thailand, Presiden Joko Widodo (Jokowi)  menghadiri Upacara Pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-34 ASEAN, di Hotel Athenee, Minggu (23/6) pagi.

Upacara Pembukaan KTT ASEAN itu dihadiri oleh PM Malaysia Mahathir Muhamad, Penasehat Negara Myanmar Aung San Suu Kyi, Presiden Filipina Rodrigo Duterte, PM Singapura Lee Hsien Loong, PM Thailand Prayut Chan, PM Vietnam Nguyen Xuan Phuc, Sultan Brunei Hassanal Bolkiah, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, Presiden Joko Widodo dan Presiden Laos Bounnhang Vorachith.

KTT ke-34 ASEAN ini dibuka secara resmi oleh Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-cha.

Di akhir acara, Presiden Joko Widodo serta para pemimpin ASEAN lainnya bersama-sama meresmikan gudang penyimpanan (satellite warehouse) Sistem Logistik Darurat Bencana untuk persediaan regional ASEAN atau DELSA yang berlokasi di Chainat, Thailand.

Gudang penyimpanan di Provinsi Chainat ini akan memungkinkan negara ASEAN dan khususnya Badan Penanggulangan Bencana ASEAN (AHA Centre) di Indonesia untuk memobilisasi dan mendistribusikan bantuan kepada negara-negara anggota ASEAN yang terkena bencana secara cepat dan efektif.

Terhubung dengan gudang penyimpanan regional yang ada di Malaysia dan juga Filipina, gudang penyimpanan di Thailand ini akan semakin memperkuat respons kolektif ASEAN dalam menangani bencana alam di bawah “One ASEAN, One Response” di seluruh ASEAN.

Peresmian gudang penyimpanan DELSA ini merupakan bagian dari tema Kepemimpinan ASEAN “Meningkatkan Kemitraan untuk Keberlanjutan”. 

Subscribe to receive free email updates: