Hosting Unlimited Indonesia

Posyandu Tunas Muda Binaan Dinkes, Wakili Pinrang Lomba Posyandu Antar Kabupaten


NEWSDAILY.ID PINRANG, – Sebagai pengawal dalam tumbuh kembang anak, peran Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) tentunya sangat besar, banyak manfaat yang diberikan Posyandu mulai dari pelayanan kesehatan, gizi sampai kepada pendidikan bisa didapatkan di Posyandu.

Salah satu Posyandu yang masih terus beroperasi dan berprestasi, Posyandu Tunas Muda yang berlokasi di BTN Pepabri Kecamatan Watang Sawitto menjadi salah satu Posyandu yang ikut dinilai oleh Tim bentukan Propinsi Sulawesi Selatan dalam Lomba Posyandu antar Kabupaten.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupten Pinrang drg. Dyah Puspita Dewi yang ditemui, Senin (24/06/2019) saat Tim Kabupaten mengadakan pembinaan terhadap Posyandu ini.

Dyah menuturkan, Pembinaan Posyandu bukan hanya dititik beratkan pada Dinas Kesehatan karena didalamnya banyak peran yang tentunya melibatkan banyak pihak.

Dyah melanjutkan, Pihak- pihak tersebut bersama-sama melakukan pembinaan sesuai peran dan fungsi di dalam Posyandu, hal ini dikarenakan Posyandu merupakan tempat pembinaan dari beragam fungsi yang menunjang tumbuh kembang anak.

Peran tersebut diantaranya, Pembinaan Kelembagaan oleh Dinas PMD, Pendidikan Anak oleh Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, sementara secara teknis, Posyandu di bimbing langsung oleh Dinas Kesehatan atau Puskesmas setempat.

Sementara itu, Dinas Pertanian dan Hortikultura dibantu Dinas Ketahanan Pangan bertanggung jawab untuk pembinaan dalam sektor pemanfaatan pekarangan sebagai sarana penyediaan tambahan gizi dan nutrisi bagi anak serta Dinas Lingkungan Hidup dalam hal pengelolaan Limbah utamanya limbah rumah tangga.

“Lurah dan Pemerintah Kecamatan setempat juga berperan untuk pembenahan lokasi, jadi ini menghapus pemikiran bahwa Posyandu adalah tanggung jawab Dinas Kesehatan saja padahal Posyandu ini adalah milik masyarakat dan pembinaannya dilakukan bersama oleh OPD terkait.” Ungkap Dyah.

Tak Lupa Dyah juga mengungkapkan peran besar Tim Penggerak PKK yang berperan untuk pembinaan kader Posyandu serta penyelenggaraan kegiatan yang berkaitan dengan tumbuh kembang anak dan kesehatan ibu.

Subscribe to receive free email updates: