Nabila Zalianti Safitri, Putri Babinsa Bumiayu Brebes Wakili Jateng Dalam OSN di Manado


NEWSDAILY.ID Brebes – Provinsi Jawa Tengah mengirimkan sekitar 66 pelajar yang berprestasi untuk berkompetisi dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA/MA sederajat, tingkat Provinsi Tahun 2019 yang akan digelar di Kota Manado, Kabupaten Minahasa Utara dan Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), mulai 30 Juni sampai 6 Juli 2019 mendatang.

Nabila Zalianti Safitri (17), anak ketiga dari Serma Bambang, Babinsa Koramil 08/Bumiayu Kodim/0713 Brebes dan siswi SMAN 1 Ajibarang Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, ukir prestasi membanggakan dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN)  SMA/MA sederajat tingkat Jawa Tengah. Selanjutnya, kedua pelajar ini, akan berlaga dalam Mata Pelajaran (Mapel) bidang Geografi bersama 6 rekan lainnya mewakili Jawa Tengah dalam ajang OSN Tingkat Nasional. 

Dandim 0713/Brebes, Letkol Inf Faisal Amri, S.E., saat menerima kunjungan Nabila Zalianti Safitri dalam rangka pamit di ruang kerjanya Makodim 0713/Brebes mengungkapkan, “Saya berharap untuk Kabupaten Brebes kedepan dapat mengirimkan wakilnya untuk membela provinsi Jawa Tengah dalam ajang OSN 2020. Karena itu, merupakan sebuah prestasi serta kemajuan tersendiri bagi pendidikan di kota bawang merah Brebes ini,” ungkapnya, Selasa siang (25/6/2019).

Dandim berharap, kelak akan muncul para teknokrat yang menguasai teknologi dan akan mengisi teknostruktur guna memajukan bangsa dan wilayah khususnya.

Sementara itu, Serma Bambang orang tua Nabila mengatakan, untuk mendapatkan tiket ke tingkat provinsi, putrinya juga harus mengikuti OSN tingkat Kecamatan dan Kabupaten terlebih dahulu. "Nabila disahkan Plt. Disdik dan Kebudayaan Jateng, Sulistyo, S.Pd, MM, sebagai salah satu wakil Geografi pasca berlaga dalam ajang OSN Provinsi yang diselenggarakan dari tanggal 8-11 April 2019 lalu", terangnya. 

“Alhamdulillah putri kami juara kedua dalam OSN SMA/MA Mapel Geografi tingkat Provinsi Jawa Tengah yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah melalui Cabang Dinas Pendidikan Wilayah X Purwokerto pada 27 Februari lalu,” ungkapnya.

Diketahui, Jawa Tengah silih berganti bersama Provinsi DKI Jakarta, dan Jawa Timur dan Banten menjuarai event tahunan ini. Jawa Tengah, pemegang 10 kali juara umum OSN tingkat nasional tingkat SD, SMP, SMA sederajat ini, terakhir kali keluar sebagai juara kedua OSN yang diselenggarakan di Pekanbaru, Riau (7/7/2017).

Untuk jumlah peserta yang datang ke Sulawesi Utara diperkirakan sebanyak 1.100 siswa/siswi. OSN kali ini akan memperlombakan 9 mata pelajaran yaitu kimia, geografi, informatika, biologi, ekonomi, kebumian, fisika, matematika dan astronomi. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy, dijadwalkan akan membuka di Grand Kawanua Convention Center (1/7/2019).

Subscribe to receive free email updates: