Hosting Unlimited Indonesia

Mengejutkan, Donor Darah Polres Tana Toraja capai rekor baru


NEWSDAILY.ID Toraja - Polres Tana Toraja menggelar Baksos kesehatan yang bertajuk Donor Darah Untuk Kemanusiaan, yang dilaksanakan di Aula Bhayangkari Mapolres Tana Toraja , Senin Kemarin (24/06/2019)

Donor Darah Untuk Kemanusiaan ini diikuti oleh Kapolres Tana Toraja bersama Personil jajarannya dalam rangka HUT Bhayangkara ke 73.

dr. Patricia M. Tauran SpPK selaku Penanggung Jawab UTD RS. Lakipadada, yang juga bertindak selaku penanggung jawab dari UTD RS. Lakipadada untuk giat donor darah di Mapolres Tator, menjelaskan mekanisme persyaratan kelayakan bagi seseorang untuk mendonorkan darahnya sebagai berikut :
" Pelaksanaan diawali dengan pengisian formulir dan pengisian quisioner penyakit seks menular kemudian dilanjutkan dengan Pemeriksaan : 
- Pemeriksaan Tekanan Darah
-Pemeriksaan Golongan Darah
-Pemeriksaan HB dan 
-Schrening penyakit Hepatitis,  Sifilis,  HBSAG,  dan test HIV Aids"

dr. Patricia dalam keterangan lanjutnya mengatakan, Pelaksanaan Donor Darah di Mapolres Tator itu tercatat sebanyak 102 peserta donor darah yang mendaftarkan diri, dan setelah dilakukan pemeriksaan kelayakan kesehatan,  terseleksi 69 peserta  yang memenuhi syarat untuk melakukan donor darah.


" Sebanyak 69 kantong yang dihasilkan dari donor darah yang dilaksanakan di Mapolres Tana Toraja, dan ini sungguh mengejutkan sekaligus menggembirakan, ini adalah rekor baru bagi UTD RS. Lakipadada sejak diresmikan november 2018 yang lalu ". Ujar dr. Patricia M. Tauran, SpPK. 

"Biasanya donor hanya diambil 250 CC untuk tiap kantongnya , namun kali ini donor darah di Mapolres Tator di ambil 350 CC untuk tiap kantong darah, di simpan di UTD RS Lakipadada yang nantinya akan digunakan untuk keperluan kemanusiaan". Lanjut ibu dr. Patricia saat di konfirmasi oleh ibu Desy , Kaur Kes Polres Tator.

dr. Patricia melanjutkan, kegiatan donor darah di Mapolres Tator ini telah mencatat sejarah baru bagi UTD RS. Lakipadada dan sejarah baru pula bagi Polres Tana Toraja yang pada peringatan HUT Bhayangkara ke-73 tahun ini telah berhasil melakukan gelaran sumbangan Donor Darah terbanyak yang tercatat di UTD RS. Lakipadada  Tana Toraja.

Kapolres Tana Toraja AKBP. Julianto P. Sirait, SH, SIK, saat dikonfirmasi mengatakan semoga setetes darah yang di sumbangkan dapat bermanfaat bagi orang lain.

" Terimakasih kepada rekan rekan Personil Polres Tana Toraja atas donor darah yang telah dilakukan, semoga menjadi amal ibadah bagi kita semua, dan terimakasih pula kepada pihak UTD RS. Lakipadada yang telah mensukseskan pelaksanaan kegiatan Donor Darah di Mapolres Tana Toraja". Kata Julianto P. Sirait.

" Semoga Polri kedepannya semakin di cintai oleh rakyat, Pengabdian Polri untuk Masyarakat, Bangsa dan Negara ". Tutup Kapolres Tana Toraja.

Subscribe to receive free email updates: